i I. PENGERTIAN MODEL
PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran dapat
diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang
sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan
pembelajaran. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk
mengimplementasikan strategi pembelajaran. Model pembelajaran mempunyai
makna yang lebih luas dari pada strategi, metode atau prosedur pembelajaran.
Istilah model pembelajaran mempunyai 4 ciri khusus yang tidak dipunyai oleh
strategi atau metode pembelajaran :
1. Rasional teoritis yang
logis yang disusun oleh pendidik.
2. Tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
3. Langkah-langkah mengajar
yang duperlukan agar model pembelajaran dapat dilaksanakan secara optimal.
4. Lingkungan belajar yang
diperlukan agar tujuan pembelajaran dapat dicapai.
jika digambarkan dalam diagram venn.
II. Macam Model Pembelajaran
Berdasarkan Joyce dan
Weil (1986:14-15) Model pembelajaran merupakan sebuah strategi dan metode pada
aktivitas pembelajaran yang didalamnya terdapat empat komponen, yakni:
Syntax (Sintaks)
Sintak adalah langkah,
fase atau phasing dalam model pembelajaran yang mana didalamnya menerangkan
tentang tata cara penerapan yang dapat digambarkan secara konkret.
The social system (Sistem sosial)
Model pembelajaran
dituntut untuk bisa mengungkapkan fakta akurat tentang pengaruhnya kepada
pendidik dan peserta didik saat aktivitas pembelajaran. Pada sistem sosial ini
pendidik bertugas sebagai pembimbing, penyedia, sumber pertanyaan dan pengetahuan.
Principle of reaction (Prinsip Reaksi)
Ini adalah suatu
komponen yang mana bagaimana cara pendidik dalam memperlakukan peserta
didiknya. Ada pula hal lain yang perlu dilakukan adalah bagaimana seorang
pendidik harus dapat merespon tentang apa yang peserta didik lakukan.
Support System (Sistem Pendukung)
Terdapat tiga komponen
yang perlu diperhatikan dalam sistem pendukung, yakni:
·
- Bahan
- Fasilitas/Sarana
- Instrumen yang bisa dipakai
untuk mendukung model pembelajaran.
III. Fungsi Model Pembelajaran
Fungsi dari model
pembelajaran sendiri adalah sebagai panduan bagi pendidik saat melakukan
aktivitas pembelajaran.
Ini berarti ketika
model pembelajaran diterapkan maka model pembelajaran akan menjadi instrumen
bagi para pendidik untuk menggerakan aktivitas pembelajaran. Adapun fungsi lain
dari model pembelajaran adalah untuk panduan bagi pencipta desain pembelajaran
dan pendidik untuk menentukan strategi dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran
agar tujuan pembelajaran bisa diraih dengan sukses.
IV. Ciri-ciri Model Pembelajaran
Terminologi model
pembelajaran memiliki beberapa ciri khusus yang membedakan antara metode dan
strategi pembelajaran dalam pendidikan, diantaranya adalah:
1. Landasan teori rasional dan matang yang
dirancang oleh para ahli
2. Mempunyai visi dan misi pembelajaran yang
jelas
3. Memiliki rancangan pembelajaran yang matang,
ini bertujuan agar proses belajar dapat dilakukan dengan powerful.
4. Membuat lingkungan belajar yang sesuai dengan
tujuan pembelajaran, sehingga proses belajar bisa dilaksanakan dengan optimal.
V. Macam-Macam dan Contoh Model Pembelajaran
Berikut merupakan
rangkaian daftar macam macam model pembelajaran yang telah disusun, terdapat
tautan yang mencakup penjelasan, pengertian beserta sintaks atau
langkah-langkahnya:
1. Model Pembelajaran Kooperatif
VI. Kesimpulan
Demikian merupakan
adalah penjelasan singkat mengenai model pembelajaran beserta macamnya.
Berdasarkan apa yang telah diutarakan di atas maka kami akan memperbaharui
setiap ada postingan baru perihal model pembelajaran.
Karena seperti yang
diungkapkan menteri pendidikan Nadiem
Makarim, bahwasanya setiap apa yang berhubungan untuk
mengembangkan manusia harus bersifat dinamis, karena sifat manusia itu sendiri
adalah dinamis.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar